Sejarah dan Perkembangan Blog

Blog mungkin bukan kata yang baru bagi sebagian besar neters. Hingga saat ini “wabah” blog sudah menjangkau setiap lapisan masyarakat, karena bukan hanya digunakan sebagai “Diary” Online, saat ini Blog juga mulai dimanfaatkan sebagai media promosi bagi berbagai usaha kecil atau rumah tangga. Blog adalah singkatan dari "web log" yaitu satu bentuk aplikasi web yang berupa tulisan atau yang bagi Blogger disebut postingan pada sebuah halaman web. Biasanya blog dibuat berdasarkan tema atau topic tertentu yang disenangi oleh seorang Blogger, selain hal ini tentu saja memudahkan bagi pengguna internet untuk mencari suatu topic.

Apakah anda tahu bahwa sebenarnya Blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com? Blogger.com pertama kali dimiliki oleh PyraLab, namun pada tahun 2002 PyraLab kemudian diakuisi oleh Google. Sejak saat itulah Blog mulai berkembang dengan pesat dengan mulai bermunculan penyedia layanan Blog yang lain, terlebih lagi setelah banyak aplikasi pendukung yang dikhususkan untuk memudahkan orang awam untuk membuat sebuah Blog.

Saat ini ada lebih dari 10 juta blog yang dapat anda temukan di Internet, namun tentu saja jumlah ini akan terus berkembang mengingat demam Blog masih belum reda. Hal ini juga banyak dipengaruhi oleh berbagai manfaat yang diperoleh dari Blog ini. Blog yang sebelumnya hanya dimanfaatkan sebagai diary atau catatan harian, blog juga mulai digunakan sebagai media promosi suatu produk, jasa atau bahkan Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009. Berdasarkan fungsi dan penggunaannya tersebut, Blog dapat dibagi dalam beberapa jenis, contohnya adalah sebagai berikut :

- Blog personal atau yang sering disebut dengan catatan harian dari seseorang mengenai pengalaman, cerita dan berbagai hal yang menarik bagi seseorang.
- Blog kesehatan yaitu blog yang berisi catatan-catatan medis atau segala hal yang berhubungan dengan bidang kesehatan.
- Blog travel atau blog yang berisi informasi-informasi seputar traveling.
- Blog riset dan teknologi
- Blog media
- Blog pendidikan
- Blog komunitas, yaitu blog yang dikhususkan bagi sebuah komunitas atau perkumpulan.
- Blog directory yaitu blog yang berisi link-link dari berbagai website di internet.
- Blog bisnis
- Blog politik
- Dan lain sebagainya.



Share this article :

Ayo berlangganan Lowongan Pekerjaan - Peluang Kerja 2011! Silahkan daftarkan email anda untuk info Lowongan Kerja terupdate dari blog Lowongan Kerja, beasiswa dan peluang usaha ini.


3 Responses to "Sejarah dan Perkembangan Blog"

  1. I'm a big contest junkie and I'm on the hunt for them all the time. I love to win contests and I'm searching for them online.

  2. Good luck to you.I like Blog Contest too.... ;;)

Leave a Reply

Silahkan memberikan komentar di blog Belajar Blog, Psikologi, Bisnis Online, Lowongan Pekerjaan. Kalau ada informasi lowongan pekerjaan atau info peluang usaha, jangan ragu untuk berbagi disini Page Lowongan Kerja on Facebook.
Thanks.

Blog Widget by LinkWithin