Pengalaman Belajar Blog di 2009 & Resolusi di 2010

Tahun 2009 mungkin bisa dikatakan kurang bersahabat dengan saya. Dalam setahun, 2 blog saya yaitu dorogoblog.blogspot.com dan torokossik.blogspot.com mendapat “hukuman” dari mbah google, entah itu karena terlalu asyik bermain Paid To Review atau program jualan link.Yang jelas, kedua blog tersebut “ditendang” dari yang sebelumnya ber-Page Rank 3 menjadi PR 0. Gila yah, hampir stress saya dibuatnya karena menyaksikan kenyataan tersebut. Hehehe… Lebay!!

Penderitaan masih terus berlanjut dengan makin berkurangnya jumlah visitor dan tidak ada lagi Job yang bisa dikerjakan dari program PTR ReviewMe. Sementara itu program lain yang masih bermurah hati memberikan Job seperti Blogsvertise perlahan-lahan juga mulai mengikuti jejak ReviewMe, miskin Job atau pelit Job. Kejam!!! Mana program PPC penghasilannya tidak seberapa. Akhirnya, dipenghujung tahun 2009, penghasilan saya dari blogging menurun drastic dari yang biasanya 3 digit menjadi 2 digit saja. Itu pun sudah ngemis-ngemis. Hehehe…



Keadaan makin parah setelah saya berhasil menyelesaikan kuliah saya di Fakultas Psikologi UKSW pada bulan Juni 2009. Bali Ndeso alias pulang kampung mengakibatkan beberapa blog yang saya miliki jadi kurang terawat. Kendala internet, waktu, dan ditambah lagi dengan serangan penyakit Hepatitis, secara otomatis menyebabkan kesempatan untuk blogging menjadi sangat terbatas. Buntutnya, pelan namun pasti Page Rank dan jumlah visitor pun terjun bebas. Huh..sedihnya…

Orang-orang besar bilang, “Look Back and Thank God, Look Forward and trust God, Look around and serve God, Look Within and Find God”. Meskipun terkesan sok filosofis dan teologis, namun satu hal yang saya pahami di awal tahun 2010 ini adalah bahwa apa yang sudah saya kerjakan selama tahun 2009 tidak sia-sia, maka dari itu saya patut mengucap syukur dengan apa yang saya peroleh di tahun 2009, tidak boleh bersungut-sungut. Masih ada harapan di masa depan yang harus saya raih, tentu saja dengan pertolongan Tuhan. Saya hanya perlu percaya dan terus bekerja dengan tekun, karena dengan demikian Tuhan pasti akan menyatakan berkatnya. Amin.

Resolusi saya di Tahun 2010 sangat sederhana, saya tidak ingin fokus lagi dengan bagaimana cara mendapatkan dollar dari internet atau dari kegiatan blogging ini. Pemikiran dan obsesi yang terlalu terfokus dengan dollar hanya akan membebani kita dan menurunkan kualitas blog yang kita miliki. Saatnya untuk kembali ke makna dan tujuan blogging yang sebenarnya. Masalah dollar biarlah jadi tujuan kedua atau ketiga saja. Bisa ngga yah? Mudah-mudahan.

Entah kebetulan atau tidak, hari ini di awal 2010, salah satu blog saya, www.torajaindonesia.com mendapat berkah Page Rank 1. Anugerah yang masih belum dapat saya pahami, tentu saja tentang bagaimana cara Google memberi rangking pada sebuah blog. Entahlah, semoga hal ini membangkitkan kembali semangat saya yang sempat pudar untuk terus belajar blog setelah kejadian di tahun 2009. Dan menjadi motivasi bagi saya untuk terus menulis dan menulis. Huh.. God Bless Bloggers.

Share this article :

Ayo berlangganan Lowongan Pekerjaan - Peluang Kerja 2011! Silahkan daftarkan email anda untuk info Lowongan Kerja terupdate dari blog Lowongan Kerja, beasiswa dan peluang usaha ini.


0 Responses to "Pengalaman Belajar Blog di 2009 & Resolusi di 2010"

Leave a Reply

Silahkan memberikan komentar di blog Belajar Blog, Psikologi, Bisnis Online, Lowongan Pekerjaan. Kalau ada informasi lowongan pekerjaan atau info peluang usaha, jangan ragu untuk berbagi disini Page Lowongan Kerja on Facebook.
Thanks.

Blog Widget by LinkWithin