Google Trends, Sumber Inspirasi Keyword

Google Trends

Stop Dreaming and Start Action dalam dunia Blogging (upss...agak nyangkut istilah yang dipopulerkan bung Joko Susilo) kadang terbentur pada kata kunci alias keyword. Beberapa kawan blogger Indonesia yang kebetulan sama-sama pemula dengan saya masih saja kesulitan mencari kata kunci atau keyword apa yang kira-kira "bagus" untuk di optimasi. Kesulitannya sebenarnya bukan karena ngga ngerti apa itu keyword atau kata kunci, namun lebih pada kekuatiran bahwa kata kunci yang dipilih dalam artikel tidak populer dan bahkan tidak banyak dicari di Search Engine. Akhirnya kami berusaha mencari informasi yang berkaitan dengan pemilihan Keyword yang baik untuk postingan.

Dari beberapa artikel, informasi, tutorial dan tips dan trik blogging yang saya temukan di blog master-master SEO, saya tertarik dengan cara menentukan atau memilih keyword (kata kunci) dengan memanfaatkan layanan dari Google Trends. Teman-teman pasti sudah mengenal Google Trends bukan? Google Trends adalah tool, alat bantu, atau apalah namanya, yang dapat memberikan informasi kepada kita mengenai kata kunci atau keyword apa yang sedang banyak dicari di Search Engine Google atau sebuah situs.

Cara melihat trend keyword yang sedang "laris" dicari juga sangat mudah. Cukup ketikkan http://www.google.com/trends di address bar Browser anda dan anda akan langsung meluncur ke situs Google Trends. Sebenarnya saya juga tidak terlalu menguasai trik Google Trends, jadi sok tahu aja deh..

Untuk melihat trend dari keyword yang kira-kira anda pikirkan dan ingin optimasi di artikel baru anda, maka silahkan ketikkan keyword atau kata kunci tersebut pada kolom Search Trends yang tersedia saat anda mengakses Google Trends. Akan muncul data grafik yang menunjukkan beberapa informasi seperti volume, Regions, Cities, Languages, Tahun dan lain sebagainya. Lumayan untuk melihat seberapa besar trend dari kata kunci tersebut.

Google Trends
Yang kedua anda bisa gunakan Google Insights for Search yang berada di halaman depan Google Trends. Klik link Google Insights for Search dan sebuah halaman akan terbuka. Ada kolom dimana anda bisa memasukkan kata kunci anda untuk melihat bagaimana trend pencarian dengan menggunakan kata kunci tersebut secara lebih terperinci. Dengan Google Insights for Search, anda juga bisa melihat kata kunci apa yang sedang trend dalam jangka waktu tertentu, mulai dari 7 hari belakangan ini, 30 hari, 90 hari dan seterusnya. Ini untuk membantu menentukan kata kunci apa yang berpotensi masih "hangat" untuk dicari di daerah atau negara tertentu. Asyik kan?

Keyword dari Google Trends
Sebenarnya ada satu cara lagi buat nyari kata kunci yang sedang hangat. Cari aja Kontes SEO yang sedang berlangsung seperti Kontes SEO Mencari Jati Diri Bangsa. Kan lagi populer dan hangat tuh. Hehehehe...Alah daripada nulis panjang-panjang, silahkan coba manfaatkan Google Trends sekarang juga. Good Luck.


Share this article :

Ayo berlangganan Lowongan Pekerjaan - Peluang Kerja 2011! Silahkan daftarkan email anda untuk info Lowongan Kerja terupdate dari blog Lowongan Kerja, beasiswa dan peluang usaha ini.


1 Response to "Google Trends, Sumber Inspirasi Keyword"

  1. Krisna disini. . berkunjung. . anyway. . kok mas gak pake chatbox?

Leave a Reply

Silahkan memberikan komentar di blog Belajar Blog, Psikologi, Bisnis Online, Lowongan Pekerjaan. Kalau ada informasi lowongan pekerjaan atau info peluang usaha, jangan ragu untuk berbagi disini Page Lowongan Kerja on Facebook.
Thanks.

Blog Widget by LinkWithin