Skripsi Psikologi : Perilaku Asertif dan Konsep Diri

HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN PERILAKU ASERTIF
PADA MAHASISWA ETNIS TORAJA
DI UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA SALATIGA

Daryo Tabayani Siampa
(802002137)

SARIPATI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan perilaku asertif pada Mahasiswa etnis Toraja di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 50 orang, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala konsep diri, dan skala perilaku asertif. Kedua skala ini menggunakan model skala likert yang terdiri dari 4 alternatif pilihan jawaban, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Product Moment dari Pearson. Dari hasil analisis, diperoleh hasil bahwa konsep diri mahasiswa etnis Toraja di Universitas Kristen Satya Wacana termasuk dalam kriteria yang sedang. Sementara itu, perilaku asertif mahasiswa etnis Toraja di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga juga termasuk dalam kriteria yang sedang. Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment dari Pearson, diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0,926 dan p=0,000 (p<0,05). Konsep diri memberikan sumbangan efektif sebesar 85,8% terhadap perilaku asertif. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan positif antara konsep diri dengan perilaku asertif pada mahasiswa etnis Toraja di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi konsep diri mahasiswa etnis Toraja di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, maka akan semakin tinggi pula perilaku asertifnya.

Kata kunci : Konsep diri, perilaku asertif, mahasiswa etnis toraja
Share this article :

Ayo berlangganan Lowongan Pekerjaan - Peluang Kerja 2011! Silahkan daftarkan email anda untuk info Lowongan Kerja terupdate dari blog Lowongan Kerja, beasiswa dan peluang usaha ini.


0 Responses to "Skripsi Psikologi : Perilaku Asertif dan Konsep Diri"

Leave a Reply

Silahkan memberikan komentar di blog Belajar Blog, Psikologi, Bisnis Online, Lowongan Pekerjaan. Kalau ada informasi lowongan pekerjaan atau info peluang usaha, jangan ragu untuk berbagi disini Page Lowongan Kerja on Facebook.
Thanks.

Blog Widget by LinkWithin