Psikologi Populer : Rajin Facebook-an, Intelegensi Meningkat

Facebook mampu meningkatkan Intelegensi seseorang, sementara Twitter malah menurunkan kemampuan Intelegensi. Ah yang bener? itu sih klaim dari Psikolog. Tapi kok bisa mengambil kesimpulan seperti itu?

Selain Facebook, rupanya video game Total War dan permainan Sudoku, juga diklaim memiliki efek yang sama. Ketiganya diklaim mampu menguatkan working memory seseorang. Seri dari Total War membantu melatih working memory karena para pemainnya diharuskan untuk mengingat-ingat aksi sebelumnya dan memetakan aksi yang akan diambil. Begitu juga dengan Sudoku dan juga Facebook. Mempertahankan hubungan dengan teman-teman di jejaring sosial ini dipercaya juga bisa 'merawat' working memory.

Working memory sendiri mencakup kemampuan untuk mengingat informasi dan menggunakannya. Dr.Alloway dari University of Stirling di Skotlandia yang mempelajari mengenai working memory ini yakin bahwa hal itu sangat berandil dalam kesuksesan dan kebahagiaan dibanding dengan IQ.

Sementara itu, sangat berkebalikan dengan Facebook, Sudoku dan video game Total War, situs YouTube dan situs mikroblogging Twitter, serta pesan singat SMS, malah bisa menyebabkan menurunnya intelegensi pemakainya, hal ini diungkapkan oleh seorang Psikolog yang bernama Dr Alloway.

"Pada Twitter Anda menerima gelombang informasi tiada henti, namun semuanya dibungkus dengan sangat singkat hingga Anda tak harus memprosesnya, " ujar Dr Alloway seperti dilansir detikINET, Senin (7/9/2009).

Hal inilah yang menyebabkan kita hanya sedikit melibatkan pekerjaan otak dan hubungan antar syaraf saat berTwitter-ria, sehingga intelegensi kita bisa berkurang.

Share this article :

Ayo berlangganan Lowongan Pekerjaan - Peluang Kerja 2011! Silahkan daftarkan email anda untuk info Lowongan Kerja terupdate dari blog Lowongan Kerja, beasiswa dan peluang usaha ini.


3 Responses to "Psikologi Populer : Rajin Facebook-an, Intelegensi Meningkat"

  1. banyak postingan psikolognya..
    nice posting :)

  2. masa si??
    berarti harus lebih sering maen FB???

  3. saya tetap tidak terlalu yakin dengan efek nyata dari keseringan facebook-an.. karena jika dilihat sekilas saja ke lingkungan sekitar kita, kebanyakan facebook hanya difungsikan sebagai mainan saja ketimbang benar2 sebagai "media sosialisasi yang mengakrabkan" secara nyata...

Leave a Reply

Silahkan memberikan komentar di blog Belajar Blog, Psikologi, Bisnis Online, Lowongan Pekerjaan. Kalau ada informasi lowongan pekerjaan atau info peluang usaha, jangan ragu untuk berbagi disini Page Lowongan Kerja on Facebook.
Thanks.

Blog Widget by LinkWithin