Survei Blogger Indonesia 2009

Blog Tips on Survei Blogger 2009Sebuah survei dilakukan oleh IndoPacific Edelman, perusahaan konsultan komunikasi di Indonesia. Survei ini berusaha untuk menjawab pertanyaan "Siap dan apa yang dilakukan oleh blogger Indonesia?". Survei Blogger Indonesia 2009 ini bekerjasama komunitas blogger di Indonesia, Blogfam. Dan hasil survei tersebut disampaikan pada hari selasa, 19 mei 2009 kemarin, dalam acara bulanan komunitas Fresh!

Berikut adalah beberapa hasil survei tersebut yang saya tuliskan kembali dari id.news.yahoo.com.

1. Hampir dari setengah blogger Indonesia berasal dari Jakarta

Survei ini dilakukan dari bulan Oktober 2008 - Februari 2009. Survei ini diikuti lebih dari 200 blogger. Rata-rata blogger yang berpartisipasi tinggal di Jakarta (45%) dan selebihnya tersebar di berbagai kota di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Papua.

2. Para blogger Indonesia termasuk pengguna aktif social media

Berdasar data survei ini, sebanyak 61% sudah melakukan aktifitas blogging selama 1-2 tahun. Selain itu, para blogger Indonesia termasuk pengguna aktif social media. Rata-rata blogger memiliki lebih dari 3 akun di berbagai situs jejaring sosial. Situs jejaring sosial yang banyak digunakan adalah Friendster (85%), Facebook (76%), dan Multiply (60%).

3. 78 % blogger, ngeblog karena hobi

Sedangkan topik yang sering mereka bahas mulai dari hobi (78%), kehidupan pribadi (67%), hal terkait pekerjaan (39%), opini pribadi tentang hal-hal aktual (23%), hingga ulasan (review) produk atau program (6%).

4. Beda blogger pria dan wanita

Untuk blogger laki-laki, topik yang sering mereka muat (posting) dalam blog-nya adalah teknologi (44%) dan sosial/humaniora (35%), sementara kalangan perempuan lebih sering memuat topik hiburan (41%) dan perjalanan (31%).

5. Topik pribadi jarang dicari

Ketika mereka mencari informasi lewat blog, topik yang umumnya mereka cari berkaitan dengan teknologi (43%), sosial/humaniora (37%), perjalanan (34%), hiburan (31%) dan yang justru paling jarang adalah masalah pribadi (7%). Blogger laki-laki cenderung tertarik pada topik teknologi (57%) dan sosial (41%) sedangkan blogger perempuan lebih meminati topik perjalanan/traveling (46%) dan kuliner (34%).

6. Alasan aktif dalam blog

Pada umumnya alasan mereka aktif dalam blog adalah untuk berbagi pengalaman (65%),
mengutarakan pendapat (54%), menyalurkan hobi menulis (53%) hingga mendapat pemasukan dari iklan di blog mereka (8%). Jumlah waktu yang dihabiskan oleh blogger untuk melakukan aktifitas blogging yaitu 1 hingga 5 jam per minggu (55%).



Alasan anda nge-blog seperti apa? Share yah.... Terima Kasih.


Share this article :

Ayo berlangganan Lowongan Pekerjaan - Peluang Kerja 2011! Silahkan daftarkan email anda untuk info Lowongan Kerja terupdate dari blog Lowongan Kerja, beasiswa dan peluang usaha ini.


3 Responses to "Survei Blogger Indonesia 2009"

  1. Akhirnya ketemu

  2. diriku masuk yang mana yah?
    atau jangan jangan ngak masuk kemana mana? karen newbies

Leave a Reply

Silahkan memberikan komentar di blog Belajar Blog, Psikologi, Bisnis Online, Lowongan Pekerjaan. Kalau ada informasi lowongan pekerjaan atau info peluang usaha, jangan ragu untuk berbagi disini Page Lowongan Kerja on Facebook.
Thanks.

Blog Widget by LinkWithin