Membuat Favicon di Blogger

Favorite Icon atau yang yang sering disebut Favicon umumnya muncul di sebelah kiri dari alamat blog. Favicon yang disediakan oleh penyedia blog umumnya sama, blogger yang membuat blog di Blogger.com akan memiliki favicon yang sama satu dengan yang lain, sedangkan blogger yang membuat blog di wordpress memiliki favicon yang sama. Karena hal tersebut, kadang-kadang blogger ingin mengganti favicon dari blognya agar tampak berbeda dengan orang lain sehingga memiliki identitas tersendiri. Contohnya dorogoblog.blogspot.com ini punya favicon dengan menggunakan foto saya. :P Dasar narsis.

Mengganti favicon sebenarnya sangat mudah, yang anda harus siapkan hanya file gambar atau logo yang anda inginkan dengan ektensi *.ico yang berukuran 16x16 pixel. Jadi sebelum mulai mengganti favicon, anda cari dulu gambar yang ingin anda jadikan favicon.

Blog tips and tutorialUntuk membuat file icon, anda dapat memanfaatkan fasilitas yang disiapkan oleh Icon Developer atau Icon Edit Pro. Selain itu anda dapat menggunakan bantuan icon generator di website www.htmlkit.com/services/favicon atau www.favicon.co.uk.

Namun jika anda ingin file icon yang sudah siap pakai, anda dapat mencarinya di www.iconarchive.com. Silahkan cari gambar yang anda senangi, arahkan cursor mouse anda ke download as .ico file, lalu klik kanan dan pilih Copy link Location atau Copy Shotcut. Pastekan link yang anda Copy di Notepad.

Untuk menampilkan icon di Blog, link yang telah anda Copy tadi harus disisipkan bersama kode yang berhuruf tebal di bawah ini.

<head>
<link rel='shortcut icon' href='link yang di-Copy' type='image/x-icon'/>
................
</head>

Untuk memasukkan kode tersebut di Blog, silahkan login di account Blog anda dan pilih menu Layout > Edit HTML. Selanjutnya masukkan kode di bawah tag . Simpan hasil pekerjaan anda dengan menekan Save Template.

Silahkan lihat hasil pekerjaan anda dengan menekan link View Blog.



Share this article :

Ayo berlangganan Lowongan Pekerjaan - Peluang Kerja 2011! Silahkan daftarkan email anda untuk info Lowongan Kerja terupdate dari blog Lowongan Kerja, beasiswa dan peluang usaha ini.


2 Responses to "Membuat Favicon di Blogger"

  1. gravatar Anonim

    Thanks ...
    visit my blog http://tentang-kevin.blogspot.com

  2. gravatar Anonim

    Mas dimasukinnya dibagian mana html ...
    gue udah coba kok gak bisa seh ....

Leave a Reply

Silahkan memberikan komentar di blog Belajar Blog, Psikologi, Bisnis Online, Lowongan Pekerjaan. Kalau ada informasi lowongan pekerjaan atau info peluang usaha, jangan ragu untuk berbagi disini Page Lowongan Kerja on Facebook.
Thanks.

Blog Widget by LinkWithin