Kecerdasan Seksual atau Sex-Q

Sexual Intelegence of Psychology

Pertama kali melihat judul buku ini, Daeng agak bingung, selama ini yang Daeng tahu hanya ada IQ, EQ, dan SQ. Lalu apa itu Sex-Q?

Buku "Sexual Intelligence" ini dikarang atau ditulis oleh DR. Sheree dan DR. Michael Milburn. Buku ini berangkat dari hasil penelitian yang mereka lakukan terhadap sekitar 500 orang Amerika yang berusia antara 18 sampai 64 tahun. Berdasarkan penelitian tersebut mereka menemukan beberapa hal yang menarik yaitu bahwa :
1. Sebanyak 75% responden menyatakan bahwa seks adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan mereka, namun hanya sekitar 25% saja yang menyatakan bahwa kehidupan seksual mereka memuaskan.
2. Sebagian besar dari responden mengalami disfungsi seksual dan setengahnya mengungkapkan bahwa mereka kurang puas dengan kehidupan seksual mereka.

Sebenarnya mengapa seksualitas itu sangat penting?

Seksualitas adaiah bagian yang cukup penting dalam kehidupan seseorang, sama pentingnya dengan emosi, intelektualitas, dan atau kepribadian. Orang-orang yang memiliki kecerdasan seksual yang baik akan menyadari bahwa aktifitas seksual sangat penting untuk kesehatan mereka, secara fisik maupun mental.

Ada 3 komponen dari kecerdasan seksual, yaitu :
1. Pengetahuan tentang seksualitas
Orang yang cerdas secara seksual mengetahui informasi ilmiah tentang seksualitas manusia yang dapat dipergunakan-nya sebagai menjadi pedoman dalam kehidupan seksua! mereka. Mereka bisa membedakan antara mitos dengan kenyataan.

2. Kesadaran akan adanya rahasia seksualitas pribadi
Begitu kita dapat membebaskan diri kita dari mitos-mitos mengenai seks, kita akan mampu untuk melihat seksualitas pribadi kita masing-masing. Orang yang cerdas secara seksu­al memahami dirinya sendiri. Mereka mengetahui pola keinginan, harapan, dan ketakutan yang mendorong perilaku seksual mereka. Rahasia seksualitas pribadi adalah bagian yang penting dalam keseluruhan kepribadian seseorang.

3. Empati seksual
Untuk mendapatkan hubungan seksual yang memuaskan, kita akan berhubungan dengan orang lain. Orang yang cerdas secara seksual memiliki ketrampilan interpersonal untuk mendengarkan, mengerti dan memahami keengganan seksual, serta keinginan dan rasa tidak aman dari pasangan mereka. Dengan kata lain, mereka mampu memiliki empati seksual untuk pasangannya.

Buku ini cukup menarik untuk dibaca dan memberikan berapa tuntunan praktis untuk mengembangkan kecerdasan seksual seseorang, selain itu buku ini menyertakan alat "sexual intelligence test" untuk mengukur kecerdasan seksual anda. Cukup bermanfaat menjadi koleksi anda.



Share this article :

Ayo berlangganan Lowongan Pekerjaan - Peluang Kerja 2011! Silahkan daftarkan email anda untuk info Lowongan Kerja terupdate dari blog Lowongan Kerja, beasiswa dan peluang usaha ini.


3 Responses to "Kecerdasan Seksual atau Sex-Q"

  1. gravatar Anonim

    dengan kecerdasan sex orang semakin atraktif melakukan kegiatan sex.

    Arti kecerdasan disini sangat dominan dalam melakukan aktifiviatasnya. Cerdas berpikir... artinya cerdas dalam kegiatan mengolah otak. Cerdas sex... ya di artikan sendiri.

    Untuk dunia barat kecerdasan sex itu sendiri bagaimana mengarahkan pembicaraan kearah sana. Dan emang disana masih bebas dalam hubungan itu.

    Salam,
    http://indonesiateguh.blogspot.com

  2. gravatar Anonim

    kecerdasan sex, sounds like seberapa pintar kita mempengaruhi orang lain untuk melakukannya dengan kita dan dapat memuaskan mereka serta diri sendiri juga.
    wkwkwkwkw......
    sotoy gwa

  3. matur nuwun mas. numpang minum ya.....!

Leave a Reply

Silahkan memberikan komentar di blog Belajar Blog, Psikologi, Bisnis Online, Lowongan Pekerjaan. Kalau ada informasi lowongan pekerjaan atau info peluang usaha, jangan ragu untuk berbagi disini Page Lowongan Kerja on Facebook.
Thanks.

Blog Widget by LinkWithin