• Pendekatan Biologis
- NALURI (Konrad Lorenz)
- INSTING (Sigmund Freud)
- GENETIK
• Pendekatan Belajar (behaviorisme)
- POKOK PIKIRAN : perilaku seseorang ditentukan oleh apa yang dipelajari sebelumnya
- TOKOH : Pavlov, JB Watson, Clark Hull, BF Skinner, Dollard, Miller, Bandura
- MEKANISME BELAJAR :
Teori Classical Conditioning
Teori Operant Conditioning (peran reinforcement dan punishment)
Teori Belajar Sosial
- CIRI-CIRI KHUSUS :
Sebab-sebab perilaku terutama terletak pada pengalaman individu di masa lampau
Penyebab perilaku terutama terletak pada lingkungan eksternal, tidak pada pengertian subjektif individu terhadap apa yang terjadi
• Pendekatan Kognitif
- POKOK PIKIRAN : perilaku seseorang tergantung bagaimana caranya mengamati (MEMPERSEPSI) situasi sosial
- PRINSIP DASAR :
Kita cenderung mengelompokkan dan mengkategorikan objek atau situasi secara spontan, berdasarkan KESAMAAN, KEDEKATAN, dll.
Contoh : orang yang memiliki kesamaan ciri (misal : mata sipit) cenderung dipersepsi sebagai satu kesatuan
Objek atau situasi cenderung disimak (diperhatikan) karena lebih menonjol (figure). Yang kurang menonjol (ground) kurang disimak.
- TEORI-TEORI YANG PENTING :
Psikologi Gestalt
Fenomenologi
Kognisi Sosial : teori atribusi, teori disonansi kognitif
• Pendekatan Peran
- POKOK PIKIRAN :
Penjelasan tingkah laku terutama melibatkan peran, konteks sosial (situasi) dan pengharapan akan peran (pengharapan bahwa seseorang berperilaku sesuai dengan peran yang dimiliki)
Penekanan khusus pada jaringan sosial dan organisasi sosial yang besar
- SUMBANGAN KONSEP : role model, role playing, role taking, self-concept, self-monitoring, gender-role norms, gender-role expectation, gender tipe skills
- NALURI (Konrad Lorenz)
- INSTING (Sigmund Freud)
- GENETIK
• Pendekatan Belajar (behaviorisme)
- POKOK PIKIRAN : perilaku seseorang ditentukan oleh apa yang dipelajari sebelumnya
- TOKOH : Pavlov, JB Watson, Clark Hull, BF Skinner, Dollard, Miller, Bandura
- MEKANISME BELAJAR :
Teori Classical Conditioning
Teori Operant Conditioning (peran reinforcement dan punishment)
Teori Belajar Sosial
- CIRI-CIRI KHUSUS :
Sebab-sebab perilaku terutama terletak pada pengalaman individu di masa lampau
Penyebab perilaku terutama terletak pada lingkungan eksternal, tidak pada pengertian subjektif individu terhadap apa yang terjadi
• Pendekatan Kognitif
- POKOK PIKIRAN : perilaku seseorang tergantung bagaimana caranya mengamati (MEMPERSEPSI) situasi sosial
- PRINSIP DASAR :
Kita cenderung mengelompokkan dan mengkategorikan objek atau situasi secara spontan, berdasarkan KESAMAAN, KEDEKATAN, dll.
Contoh : orang yang memiliki kesamaan ciri (misal : mata sipit) cenderung dipersepsi sebagai satu kesatuan
Objek atau situasi cenderung disimak (diperhatikan) karena lebih menonjol (figure). Yang kurang menonjol (ground) kurang disimak.
- TEORI-TEORI YANG PENTING :
Psikologi Gestalt
Fenomenologi
Kognisi Sosial : teori atribusi, teori disonansi kognitif
• Pendekatan Peran
- POKOK PIKIRAN :
Penjelasan tingkah laku terutama melibatkan peran, konteks sosial (situasi) dan pengharapan akan peran (pengharapan bahwa seseorang berperilaku sesuai dengan peran yang dimiliki)
Penekanan khusus pada jaringan sosial dan organisasi sosial yang besar
- SUMBANGAN KONSEP : role model, role playing, role taking, self-concept, self-monitoring, gender-role norms, gender-role expectation, gender tipe skills
yah ? qo segitu doank ?
tambahin laah .